Apa Sih Pentingnya Tangki Air?

penguinid


Di benak saya tangki air itu cocok untuk masyarakat perkotaan atau pegunungan yang sejatinya sangat minim atau dangkal sumber air. Apalagi di musim kemarau. Sehingga bisa menyuplai atau cadangan air untuk kebutuhan sehari-hari.
Saya punya pengalaman dengan beberapa kawan,  pernah mendiami rumah kontrakan di perbukitan Situbondo. Rumah itu kami jadikan semacam studio kreatif. Sumber airnya melalui PDAM. Sementara bak penampung air kamar mandi sangat kecil. Nah setiap sore biasanya sering kehabisan air. Selain banyak yang mandi, alasan lain karena kalau sore debit aliran kecil, saluran PDAM banyak yang menggunakan. Jadi harus menunda setelah azan Magrib atau mandi sebelum menjelang sore. Sebab kami tidak menggunakan tangki air.
Sejatinya tangki air bisa digunakan tidak hanya di perkotaan atau pegunungan bisa juga di pedesaan, akan tetapi tangki air di pedesaan sangat jarang digunakan. Warga desa saya lebih akrab dengan sebutan tandon.
Bagi saya penggunaan tendon di pedesaan juga penting. Saat ini di pedesaan sumber mata airnya sudah beralih dari pompa bisa dan sumur ke mesin pompa air untuk kebutuhan sehari-hari dari mencuci, mandi sampai menyiram halaman sehingga dapat meringankan tenaga manusia. Jika menggunakan tangki air kita bisa hemat energi. Tidak terlalu menghidup-matikan mesin, hal ini dapat berpengaruh pada tagihan listrik. Selain itu dapat menjadi alternatif sewaktu-waktu listrik mati sehingga kita masih bisa menggunakan air kapan saja.
Jadi buat kalian yang ingin menggunakan tangki air bisa mencari referensi terlebih dahulu, baik dari bahan, harga, dimensi, menyesuaikan dengan kebutuhan baik untuk keluarga maupun fasilitas umum seperti sekolah, masjid dll. Sebab bahan tangki air ada yang terbuat dari fiber glass, stainless steel dan plastik yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Bisa juga mencari tangki air yang sudah popular misalnya tangki  air penguin yang memiliki banyak varian. Mencari tangki yang tidak mudah ditumbuhi lumut juga penting termasuk biaya perawatan bisa mencari yang murah dan efisien. Harus diperhatikan betul dalam memilih tangki air. []

Moh. Imron

Lelaki yang kebetulan dilahirkan di Situbondo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar